Saturday, August 24, 2019

Motor Stepper

Gambar. Motor Stepper
    Motor stepper merupakan perangkat pengendali yang mengkonversikan bit-bit masukan posisi rotor. Bit-bit tersebut berasal dari terminal-terminal input yang ada pada motor stepper yang menjadi kutub-kutub magnet dalam motor. bila salah satu terminal diberi sumber tegangan, terminal tersebut akan mengaktifkan kutub didalam magnet sebagai kutub utara dan kutub yang tidak b=diberi tegangan sebagai kutub selatan. Dengan terdapatnya dua kutub didalam motor ini, rotor didalam motor yang memiliki kutub magnet permanen akan mengarah sesuai dengan kutub-kutub input. Kutub utara rotor akan mengarah ke kutub selatan stator sedangkan kutub selatan stator akan mengarah ke kutub utara stator.
   Prinsip kerja motor stepper miri[ dengan motor DC, sama-sama dicatu dengan tegangan DC untuk memperoleh medan magnet. Bila motor DC memiliki magnet tetap pada stator, motor stepper mempunyai magnet tetap pada rotor. Adapun spesifikasi dari motor stepper adalah banyaknya fasa, besarnya nilai derajat per step, besarnya volt tegangan catu untuk setiap lilitan dan besarnya arus yang dibutuhkan untuk setiap lilitan.
   Motor stepper tidak dapat bergerak sendiri secara kontinyu, tetapi bergerak secara diskrit per-step sesuai dengan spesifikasinya. Untuk bergerak dari satu step ke step berikutnya diperlukan waktu dan menghasilkan torsi yang besar pada kecepatan rendah. Salah satu karakteristik motor stepper yang penting yaitu adanya torsi penahan, yang memungkinkan motor stepper menahan posisinya yang berguna untuk aplikasi motor stepper dalam keadaan start dan stop.

1 comments: